5 Ide Membuat Atap Belakang Rumah Minimalis dan Tips Membangunnya

Pada bagian atap belakang rumah minimalis untuk kamu yang memiliki taman di belakang rumah nya, biasanya dibuat seperti apa nih? Apakah dibiarkan terbuka saja atau ditutupi dengan jaring paranet, atau dipasangkan atap kanopi plastik saja karena bersifat insidentil.

Artikel ini dibuat untuk kamu yang sedang renovasi atau ingin membangun rumah baru dan kebetulan memiliki rencana membuat taman di belakang rumah, jadi sangat cocok bila memperhatikan apa saja yang sekiranya diperlukan dalam membangun atap belakang rumah minimalis.

Sebagai estimasi perhitungan biaya, kamu bisa cek artikel kami sebelumnya yang tema nya biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Atau kamu juga bisa mencari referensi lainnya yang berhubungan dengan pembangunan rumah.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, kami ingin memberikan sedikit tips apa saja yang harus kamu lakukan sebelum membuat atap belakang, tujuannya sangat penting, demi menjaga ke amanan dan kenyamanan rumah.

Untuk lebih lengkapnya terkait tips tersebut, kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips membuat atap belakang rumah minimalis

Pembahasan yang sangat penting sekali untuk kamu yang sedang belajar membangun rumah, atau bahkan yang sedang melakukan proses renovasi. Sangat tepat mengunjungi thishouseplay karena kamu akan mendapatkan tips langsung dari pelaku pembuatan rumah.

  1. Tentukan terlebih dahulu luas atap belakang rumah minimalis yang ingin kamu bangun, karena ini terkait dengan biaya pembelian material, jangan sampai bahan baku yang kamu beli menjadi boros dan sia sia penggunaan nya.
  2. Agar lebih nyaman dan tidak khawatir melakukan renovasi tahunan dengan jangka waktu pendek, kami sarankan untuk membuat rangka atap nya dari bahan galvanis atau baja ringan saja. Harga per lonjor nya cukup murah kok, masih sekitaran 40rb saja per batang, dan itu kamu sudah dapat sekitar 4-6 meter.
  3. Selanjutnya, sebagai material atap nya kamu bisa menggunakan asbes atau plat besi lain nya yang biasa digunakan untuk menutupi panas nya ruangan luar rumah. Jangan lupa sisakan beberapa meter persegi untuk ditambahkan atap pvc bening agar pencahayaan matahari saat pagi sampai sore dapat, dan kamu tidak perlu menghidupi lampu lagi.
  4. Untuk melindungi atau mengurangi redaman suara saat hujan atau teriknya matahari, kamu juga bisa menambahkan alumunium foil di belakang atap belakang rumah minimalis. Jika kamu menggunakan konsep terbuka dan semuanya bening atapnya itu beda cerita.
  5. Karena menyangkut privasi yang letaknya di belakang rumah, usahakan jangan sampai bisa dijangkau oleh orang lain atau sampai bisa diintip oleh orang luar.

Dari kelima tips membangun atap rumah tersebut merupakan dasar dari kebutuhan atap rumah saja, jika kamu memiliki referensi lain dalam pembuatan atap bisa menambahkan nya sendiri sesuai kebutuhan masing masing.

Selanjutnya kami akan memberikan referensi terkait atap belakang rumah minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah, harapannya dari ide rekomendasi yang kami berikan bisa membantu kamu dalam menemukan ide yang sesuai.

Referensi atap belakang rumah minimalis

1. Atap belakang rumah terbuka

atap belakang rumah minimalis model terbuka

Pilihan pertama kami memberikan referensi untuk atap belakang rumah minimalis konsep terbuka, pada contoh gambar di atas yang kami berikan, kamu bisa mengikuti konsep rangka atap nya yang tidak memerlukan baja ringan sebagai penahan atap nya, karena cukup menggunakan besi atau semen cor saja.

Kemudian untuk atap nya kamu bisa menggunakan atap pvc transparan atau bisa juga menggunakan jaring paranet saja agar panas matahari tidak langsung turun ke permukaan rumah.

Selain cocok untuk tempat nongkrong di sore hari, referensi di atas sangat cocok juga untuk kamu yang ingin kumpul keluarga dan membuat acara barbeque. Namun saat musim hujan, kamu cukup hati hati saja karena tidak menggunakan plat atap.

2. Atap belakang rumah dari kaca

atap belakang rumah minimalis model dari kaca

Sebagai referensi kedua, kamu juga bisa membuat atap belakang rumah minimalis dengan menggunakan kaca seperti contoh gambar di atas. Namun untuk material kaca sebagai atapnya cukup rentan bila kamu salah dalam membeli kaca outdoor nya, tetapi bila sesuai sangat terlihat bagus dan elegan.

Sisi lain nya kita teringat tentang efek global yang dapat merusak lapisan ozon bumi termasuk penggunaan kaca yang terlalu banyak di rumah rumah, sehingga panas matahari yang dipancarkan secara tidak langsung terpantulkan kembali.

Jadi kamu bisa mengganti sesuai keinginan masing masing kok, jika ingin mempertahankan menggunakan kaca, setidaknya kamu bisa menanam tumbuhan pepohonan atau tumbuhan hijau lain sebagai penyeimbang.

3. Atap rumah minimalis dengan baja ringan

atap belakang rumah minimalis model baja ringan

Referensi selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah dengan menggunakan baja ringan, dari contoh di atas merupakan penampilan umum dari atap rumah yang biasa kamu jumpai. Baik itu bagian belakang rumah ataupun depan rumah, cocok sekali untuk perumahan minimalis dan budget minimalis.

Jangan lupa seperti tips yang kami berikan sebelumnya, bahwa penambahan atap pvc bening sangat penting kamu lakukan mengingat untuk mengurangi penggunaan lampu pada siang hari, sehingga ada cahaya matahari yang masuk meskipun bukan secara langsung.

4. Atap belakang rumah dari kayu

atap belakang rumah minimalis dari kayu

Jika kamu menyukai desain atap belakang rumah minimalis yang berbeda dari lain nya, pemilihan atap dengan kayu ini bisa menjadi pilihan lainnya nih. Kamu bisa lebih menyatu dengan alam karena unsur pepohonan sangat banyak kamu temukan di contoh ke empat ini.

Tidak ada yang perlu kamu tambahkan jika ingin membuat atap belakang seperti di atas, tetapi jangan keseluruhan menggunakan kayu ya, setidaknya kamu harus melapisi bagian atas nya dengan atap plat besi dan melakukan pengecatan kayu dengan anti rayap dan lain sebagainya.

Tujuannya agar kayu sebagai penopang tidak mengalami keropos dan menghindari kecelakaan atau kemungkinan terburuk lain nya.

5. Atap belakang rumah dari kayu kombinasi daun

atap belakang rumah minimalis kombinasi daun

Referensi terakhir dari atap belakang rumah minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah adalah dengan membuat kombinasi antara kayu dan daun yang bisa menjalar. Contoh seperti gambar di atas merupakan pilihan sangat menarik yang bisa kamu terapkan di rumah.

Selain dapat menghirup udara segar dengan banyak pepohonan yang tumbuh, kamu juga bisa bersantai dengan secangkir kopi saat sore hari. Atau jika kamu ingin kumpul keluarga dan membuat acara camping kecil kecilan juga bisa kok, dengan catatan bila taman belakang rumah kamu juga memiliki ruangan yang besar seperti di atas.

Nah, dari kelima referensi atap belakang rumah minimalis serta tips membangun atap belakang rumah tersebut, pilihan yang menjadi favorit kamu nomer berapa nih? Kalau kami pribadi menyukai desain atap nomer 2 karena lebih cerah dengan penggunaan full kaca. Semoga dapat membantu kamu ya dalam mencari ide nya, tetap update artikel menarik lainnya di sini.

Leave a Comment