Estimasi Perhitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Setiap perencanaan termasuk biaya bangun rumah minimalis 3 kamar haruslah tertulis dan terstruktur dengan baik, jangan sampai ada salah satu miss dalam pembangunan, berdasarkan pengalaman pribadi jika terjadi sedikit miss saja akan berakibat fatal dan harus mengeluarkan uang lebih.

Contohnya jika kamu ingin memulai dengan denah rumah minimalis 3 kamar, catatlah aspek apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk membuat rumah tersebut. Mulai dari bahan material hingga jumlah tukang dalam proses pengerjaan pun harus diperhatikan juga, sehingga muncullah anggaran biaya untuk membangun satu rumah.

Biaya bangun rumah minimalis 3 kamar pada dasarnya bisa kamu custom sendiri berdasarkan kebutuhan, dan banyaknya bangunan yang kamu buat pun akan menambah biaya lagi. Oleh sebab itu, kami tekankan pentingnya satu proses perencanaan dalam proses manufaktur apapun itu.

Untungnya, pilihan kamu dalam menjadikan thishouseplay sebagai rujukan untuk merancang anggaran sudah sangat tepat. Karena kami akan mulai memberikan sedikit rincian apa saja yang perlu kamu keluarkan selama proses bangun rumah minimalis tersebut.

Menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar

Dalam perhtiungan biaya bangun rumah minimalis 3 kamar ini, kamu perlu mengetahui type rumah seperti apa yang saat ini kamu miliki, karena type rumah 36 saja bisa kita paksakan untuk membuat menjadi 3 kamar. Tetapi, agar kamu bisa memiliki cukup space, kami sarankan rumah type 42 minimal, terkait ulasannya bisa disimak di bawah ini.

1. Menghitung biaya pembelian pasir

Menghitung biaya pembelian pasir

Sudah sangat lazim bila biaya bangun rumah minimalis 3 kamar harus menyertakan pasir sebagai instrumen atau komponen penunjang pembangunan, tanpa pasir kamu dirasa sangat sulit untuk membangun rumah.

Dan uniknya, disetiap daerah memiliki harga pasir yang berebda beda setiap 1 kol atau 1 angkutan mobil pick up. Contoh untuk daerah Bogor, dalam satu angkutan pasir dalam mobil pick up, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 330rb rupiah, dan jika kamu ingin membeli kualitas pasir lebih bagus maka harga nya juga berbeda.

Pada umumnya, kamu cukup sebutkan pasir untuk cor semen saja, lalu tukang toko bangunan terdekat akan menunjukkan jenis pasir yang cocok.

2. Biaya pembelian semen

Biaya pembelian semen

Kurang lengkap rasanya bila membangun rumah tanpa kehadiran semen, dan bisa dikatakan tidak akan bisa membangun rumah tanpa semen jika mengangkat konsep dengan cor. Tetapi jika kamu ingin membuat rumah dari bahan kayu, bambu, dan lain sebagainya mungkin semen tidak diperlukan.

Namun untuk artikel biaya bangun rumah minimalis 3 kamar merupakan uraian umum yang biasa orang gunakan, seperti yang kami ungkapkan sebelumnya bahwa harga tiap semen bisa berbeda beda, tiap merk dan kota akan berbeda. Pada dasarnya, harga pasaran semen 1 sak isi 50 kg itu seharga 50rb sampai 60rb.

Jadi kamu wajib menghitung biaya semen habisnya berapa dengan para engineer teknik sipil atau tukang handal yang berada di dekat rumah. Jika kelebihan membeli pasir dan semen kan bisa jadi sia sia, kurang lengkap rasanya.

3. Biaya pembelian batu bata, batako, hingga batu marmer

Biaya pembelian batu bata, batako, hingga batu marmer

Agar struktur bangunan rumah kamu menjadi kuat, pembuatan pondasi dengan menggunakan bahan dari bebatuan pun sangat diperlukan loh. Apalagi jenis batu yang bisa kamu gunakan bisa berbeda beda, tergantung jenis dan ukuran batu per blok nya.

Seperti biasa, setiap jenis batu pastinya berbeda beda. Seperti harga batako putih, pasarannya masih diangka 2.5rb per blok nya, sedangkan untuk batu bata merah masih diharga 600 rupiah sampai 1rb per blok nya, lalu untuk batu marmerm tipe terendah, biayanya 450rb per slab.

Namun kebanyakan orang saat ini sudah beralih ke batako putih, alasannya karena struktur bangunan lebih kuat dan tidak memerlukan semen terlalu banyak. Sehingga sebagai pemilik rumah pun bisa menghemat dari segi pasir dan semen, meskipun harga per biji nya cukup mahal, tetapi ukuran per blok nya hampir sama dengan batu bata merah jika disusun 4 buah.

4. Perhitungan biaya besi dan baja ringan

Perhitungan biaya besi dan baja ringan

Selanjutnya dalam menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar adalah kebutuhan besi dan baja ringan. Keduanya digunakan sebagai pondasi awal dalam mendirikan pasak di rumah dan baja ringan bisa digunakan untuk rangka atap rumah.

Biasanya dulu kita sering menemukan rumah dengan rangka dari kayu, namun seiring berjalan waktu penggunaan dari kayu diminimalisir karena rentan lapuk dimakan oleh rayap dan lifetime nya tidak terlalu lama. Sehingga bila kondisi hujan terus menerus, ada khawatir rangka atap ambruk karena kropos.

Untuk biaya nya sendiri, baja ringan mulai dari 40rb-70rb per batang, tergantung ketebalan, merk, dan tipe dari baja ringan itu sendiri. Sedangkan harga besi per ulirnya masih disekitar 170rb-185rb, masih cukup murah dan dalam jangkauan budget.

5. Perhitungan atap rumah

Perhitungan atap rumah

Sebagai pelengkap dari seluruh bangunan rumah, yaitu atap. Agar rumah kamu terlindungi dari terik matahari dan hujan, maka pemilihan atap harus dengan kualitas bagus juga. Untuk atap rumah sendiri memiliki beberapa tipe yang bisa kamu pakai, ataukah ingin dari genteng tanah liat, atau dari plat besi.

Harga genteng dari tanah liat masih sekitar 1.5rb per biji nya, sedangkan genteng dari plat besi atau metal harganya sekitar 35rb dengan ukuran 2×4 meter.

Tetapi saat ini, penggunaan paling banyak sudah beralih ke atap genteng dari plat besi dengan merk kanmuri yang banyak di pasaran. Karna dianggap lebih tahan lama dan hitungannya bisa lebih hemat dari penggunaan genteng batu bata.

Sebagai pelengkap, jangan lupa tambahkan alumunium foil tepat di bawah atap rumah untuk mereduce panas dan bisa meredam suara hujan juga.

6. Menghitung biaya tukang

Menghitung biaya tukang

Perhitungan biaya bangun rumah minimalis 3 kamar terakhir adalah perhitungan biaya tukang, tanpa bantuan mereka, kita tidak bisa mewujudkan rumah impian yang telah dirancang sebelumnya.

Ada trik saat mencari tukang untuk membangun rumah impian kamu, caranya adalah dengan mencari rekomendasi dari tetangga yang sedang membangun rumah juga. Lalu tawarkan dengan biaya borongan untuk membangun rumahnya, karena bisa lebih hemat dibandingkan harian.

Harga biaya borongan tukang per meter perseginya disekitar 300rb-400rb, harga setiap daerah pastinya berbeda beda ya. Sedangkan biaya tukang dengan model harian mulai dari 100rb-150rb. Tidak disarankan membayar tukang model harian, karena kita menghindari kecurangan dari tukang yang sengaja mengolor waktu pembangunan, agar mereka bisa mendapat keuntungan.

Dari contoh perhitungan biaya bangun rumah minimalis 3 kamar, apakah kamu sudah mulai mengira ngira berapa habis total biaya yang kamu siapkan untuk membangun rumah impian?

Jangan lupa juga untuk mencari referensi toko bangunan juga ya, siapa tau bisa dinego harganya, saat kamu bisa menghemat 5% dari biaya pembangunan pun itu sudah sangat baik. Semoga membantu ya, terimakasih.

Leave a Comment