5 Ide Rekomendasi Dak Jemuran Rumah Minimalis

Dak jemuran rumah minimalis sangat penting untuk suatu rumah, karena kita melihat dari segi fungsinya yang sangat membantu dalam urusan mengeringkan pakaian. Sudah menjadi hal yang lumrah pada suatu rumah terdapat tempat jemuran, jadi saat kamu selesai mencuci baju ataupun menjemur hal lain bisa ditempatkan di sana.

Pada dasarnya, model dak depan rumah minimalis modern pun bisa menjadi referensi.Namun sangat disayangkan bila seluruh fungsi teras rumah dijadikan tempat untuk menjemur. Oleh sebab itu, kami ingin memberikan referensi menarik nih untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat penjemuran rumah.

Sebelum memulai untuk memutuskan, ada baiknya kamu harus mendiskusikan bersama dengan anggota keluarga agar semuanya dalam satu suara. Kalaupun hasilnya kurang memuaskan harus diterima karena hasil keputusan bersama.

Kurang lengkap rasanya dalam membahas dak jemuran rumah minimalis bila tidak memberikan tips membangun dak jemuran rumah minimalis dengan baik dan terencana, agar bangunan yang kamu buat menjadi tidak sia sia.

Tips membangun dak jemuran rumah minimalis

Agar melengkapi bangunan rumah kamu dengan dak jemuran rumah minimalis, berikut ini kami ingin memberikan sedikit tips bagaiamana cara membangun nya dengan baik dan terencana.

  1. Kondisikan terlebih dahulu ruangan mana yang ingin dibangun dak jemuran rumah minimalis, apakah di posisi depan rumah, belakang rumah, atau atas rumah.
  2. Setelah menentukan lokasi, kamu harus membuat konsep atap dari dak tersebut agar tidak terkena cahaya matahari langsung untuk menghindari hujan.
  3. Jika memungkinkan, buatlah atap dari pvc yang tembus pandang atau bisa juga menambahkan paranet sederhana.
  4. Tentukan juga apakah kamu ingin membuat jemuran yang menempel di dinding atau ingin membeli jemuran portable saja agar bisa dibawa masuk ke rumah.
  5. Hal paling penting adalah, buatlah dak jemuran yang mudah dijangkau oleh orang. Saat kondisi darurat, kamu lupa mengangkat jemuran dan cuaca mendung, kamu bisa minta tolong ke anak atau tetangga untuk menepikan jemuran.

Nah, dari kelima tips tersebut kamu bisa merencanakan dengan baik saat ingin membuat dak jemuran. Karena pada prinsipnya, saat kamu berusaha membuat sesuatu tanpa perencanaan, maka hasilnya pun akan sia sia saja.

Pada tahapan selanjutnya, agar melengkapi artikel ini. Kami ingin memberikan beberapa rekomendasi dak jemuran rumah minimalis yang tentunya bisa kamu terapkan di rumah, meskipun rumah kamu type 36 sekalipun masih bisa diterapkan. Untuk lebih lengkapnya, bisa disimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Referensi dak jemuran rumah minimalis

1. Dak jemuran digabung dengan tempat cuci

Dak jemuran rumah minimalis 1

Rekomendasi pertama yang ingin kami berikan terkair dak jemuran rumah minimalis adalah model dak jemuran yang bergabung dengan tempat cuci baju juga. Dari contoh di atas kita dapat melihat, bahwa tempat penjemuran pun bisa digabungkan dengan tempat mencuci baju loh.

Tujuannya sih sangat sederhana, agar lebih menghemat tempat. Dari model ini, model type rumah 36 pun bisa kamu terapkan di rumah masing masing. Untuk hiasan, kamu juga bisa menambahkan tumbuhan hijau untuk membuat fresh suasana di dak jemuran.

Dalam konsep contoh di atas, kamu bisa menggunakan model jemuran gantung atau yang menempel di dinding agar lebih menarik dan tidak merepotkan kamu dalam urusan memindahkan peralatan jemur.

2. Dak jemuran model menempel dinding

Dak jemuran rumah minimalis 2

Contoh yang paling sederhana dari dak jemuran rumah minimalis adalah menempatkan properti jemuran menempel di dinding, kamu tidak perlu repot repot dalam mendesain tempat jemuran dan pastinya akan lebih menghemat budget yang kamu punya loh.

Namun, jika kamu ingin menambahkan jemuran yang portable juga pun tidak masalah dengan catatan baju yang ingin kamu keringkan jumlahnya sangat banyak dan jemuran yang menempel tembok sudah tidak bisa menampung lagi.

Tapi hal yang harus kamu ingat adalah, penempatan yang harus di luar. Mengingat baju yang belum kering 100% ada kesempatan meneteskan air meskipun sedikit, sekalipun itu sudah kamu keringkan pakai mesin cuci.

3. Dak jemuran rumah dengan jaring

Dak jemuran rumah minimalis 3

Pada pilihan ketiga ini adalah rekomendasi yang paling umum biasanya orang pakai, dak jemuran rumah minimalis ini sangat sesuai kamu terapkan untuk kamu yang memiliki lantai kedua atau ruangan atas di rumah nya. Dan ruangan kosong di teras depan nya bisa kamu buat jaring sangkar seperti di gambar di atas.

Jangan lupa, untuk atap nya menggunakan yang tembus pandang atau warna putih saja ya. Setidaknya cahaya matahari masih bisa masuk, jangan sampai menggunakan atap yang susah ditembus oleh matahari. Untuk model jemurannya kamu bisa menggunakan yang tipe portable saja dan tidak perlu dibawa ke dalam rumah.

Jadi saat ingin mengangkat jemuran, kamu bisa langsung masuk ke tempat jemuran dan mengangkatnya secara langsung. Akan terlihat sangat efektif dan efisien.

4. Dak jemuran modern minimalis

Dak jemuran rumah minimalis 4

Rekomendasi keempat ini merupakan pilihan menarik yang bisa kamu coba untuk dak jemuran rumah minimalis, model dak ini sangat menarik loh dan multitasking sekali. Jika kamu lihat dari contoh bangunan di atas, sudah terdapat tempat penjemuran dan tempat setrika baju juga sekaligus.

Dan paling menarik juga sudah terdapat kipas angin yang bisa membantu pakaian cepat kering. Jadi, ketika kamu ada baju yang ingin dipakai dalam tempo cepat, dan kamu merupakan orang dengan tingkat mobilitas tinggi. Tempat penjemuran seperti di atas adalah solusinya.

Agar terlihat lebih estetik, jangan lupa juga menambahkan tumbuhan hijau di tempat penjemuran tersebut ya.

5. Dak jemuran rumah dengan kolam ikan

Dak jemuran rumah minimalis 5

Untuk rekomendasi terakhir yang dapat kami berikan dari dak jemuran rumah minimalis adalah dak yang menyatu dengan taman belakang rumah serta terdapat hiasan berupa kolam ikan. Konsep dak jemuran rumah ini sangat langka dan tidak semua orang berpikiran sama loh.

Jadi untuk kamu yang sedang membangun rumah baru, atau sedang renovasi rumah. Agar taman belakang rumah menjadi lebih fungsionalis, dan bisa diapakai juga sebagai tempat untuk bersantai sambil melihat ikan di dalam kolam.

Sebagai catatan, saat kamu ingin menjemur pakaian jangan berada tepat di bawah kolam ikan ya. Khawatirnya akan ada tetesan air bekas cucian dan itu masih mengandung sabun yang bisa membahayakan ikan, akibatnya ikan kamu banyak yang mati nanti.

Sekian informasi yang dapat kami berikan terkait dak jemuran rumah minimalis, dari kelima rekomendasi di atas, mana nih yang menjadi favorit kamu dan bakal diterapkan pada rumah nya? Kalau secara pribadi, kami lebih menyukai desain nomer 4, karena bisa 3 in one atau bahkan 5 in 1.

Semoga tips yang kami berikan juga dalam membangun dak jemuran bisa bermanfaat juga ya, selamat berenovasi rumah dan kami berharap hasilnya memuaskan.

Leave a Comment