5 Ide Membuat Model Rumah Minimalis Atap Miring ke Belakang Serta Tahapan Membangunnya

Dalam satu bangunan, membuat model rumah minimalis atap miring ke belakang menjadi salah satu faktor pendukung untuk menghasilkan bentuk rumah yang menarik dan berbeda dari lainnya. Sebagai seorang perancang, tentunya kamu wajib mempersiapkan seluruh aspek pembuatan rumah mulai dari hal terkecil hingga terbesar.

Misalnya kamu ingin membuat rumah minimalis 1 lantai mewah, kamu bisa menyiapkan desain denah terlebih dahulu dan dari hasil tersebut mulai muncul lah bangunan sekat sekat dari lainnya. Setelah menyelesaikan bagian dalam interior, seperti menentukan letak bangunan rumah serta sekat yang membatasinya, selanjutnya yang perlu kamu pikirkan bagian eksterior.

Bagian ini dimulai dari gerbang rumah, teras depan rumah, pondasi rumah, hingga menentukan model rumah minimalis atap miring ke belakang. Tanpa ada nya atap, sudah tahu bukan akibatnya apa? Ya, rumah kamu akan kehujanan karna tidak ada pembatas yang melindungi kamu dari hujan, hingga nanti masuknya sinar cahaya matahari secara langsung.

Sebelum membuat atap rumah, ada beberapa faktor yang kamu perlu perhatikan agar tampilannya masih terlihat bagus dipandang oleh tetangga, untuk lebih lengkapnya akan kami uraikan di bawah ini.

Tips membangun atap rumah minimalis

Model rumah minimalis atap miring ke belakang

Berikut ini kami ingin memberikan beberapa tips dan faktor penting yang wajib kamu perhatikan agar membuat model rumah minimalis atap miring ke belakang, tujuannya sudah pasti untuk mendapatkan hasil bagus dari atap tersebut.

1. Menghitung kebutuhan atap

Proses pertama yang tidak boleh kamu lewatkan dalam menyusun model rumah minimalis atap miring ke belakang adalah menghitung kebutuhan atap, hal ini sebagai tahap rancang bangun awal dan urusan budgeting pun dimulai dalam tahap pertama ini.

Jangan sampai saat tahapan pertama ini kamu menspesifikasikan di luar budget yang kamu punya, hitunglah kebutuhan atap nya juga secara langsung agar terlihat berapa banyak kebutuhannya. Bisa membuat desain sederhana dari bangunan real kamu dan rangka atapnya, kemudian buat simulasi berapa total pembuatan atap nya.

2. Memastikan rangka dan atap terpasang

Hal yang tidak bisa kamu lewatkan dalam proses pembuatan atap rumah adalah memastikannya kedua ornamen tersebut telah tersusun dengan baik dan rapi tanpa ada satu pun yang tertinggal.

Jangan lupa cek kondisi pemasangan atap, apakah telah ter install dengan rapi atau tidak. Akan sangat membahayakan bila kamu memiliki atap tapi tidak terpasang dengan kuat, akibatnya atap bisa roboh dan bisa menimbulkan korban yang berada di bawah nya.

3. Cet atap jika diperlukan

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecet nya jika dirasa perlu, atap yang baru dibeli dari toko masih memiliki warna standar, bisa jadi warna silver jika kamu membeli atap baja atau juga bisa berwarna orange kemerahan jika kamu memberli dari tanah liat.

Kembali lagi ke selera masing masing, saat kamu ingin mencocokkan dengan warna cet dinding rumah sekalipun itu sangat sah sah saja. Selagi kamu masih ingin memantaskan nya.

Dari ketiga tips di atas merupakan tahapan awal dan yang wajib kamu perhatikan untuk menentukan model rumah minimalis atap miring ke belakang. Untuk selanjutnya, kami akan memberikan beberapa referensi terkait pemasangan atap nya seperti apa saja agar terlihat lebih rapih. Untuk lebih detail nya, kamu bisa simak ide menarik di bawah ini terkait atap rumah minimalis miring.

Ide model rumah minimalis atap miring ke belakang

1. Atap miring warna hitam

Model rumah minimalis atap miring ke belakang warna hitam

Pilihan pertama yang wajib kamu coba adalah memiliki model rumah minimalis atap miring ke belakang seperti contoh di atas. Hampir seluruh atap yang ada pada rumah tersebut miring dengan keadaan atap paling atas datar, hal tersebut membuat menarik bagi pemilik rumah karena memberikan kesan artistik.

Apalagi dengan pemilihan warna cet pada atap yang mengangkat warna hitam, dan kombinasi tersebut dirasa sempurna dengan paduan rumah yang memiliki warna cet cream serta pagar rumah berwarna hitam ke abu abu an. Jadi, ini merupakan pilihan menarik yang tidak boleh kamu lewatkan.

2. Atap miring dari kayu

Model rumah minimalis atap miring ke belakang dari kayu

Selanjutnya untuk pemilihan atap rumah minimalis kedua, adalah pembuatan atap dari kayu yang mana model rumah minimalis atap miring ke belakang secara keseluruhan, apalagi rumah tersebut seperti mengusung konsep industrial yang berbentuk simple namun tetap terlihat elegan dengan kombinasi warna cet abu, dan panggung taman dari kayu juga.

Akan sangat cocok bila pembuatan konsep di atas ditempatkan pada lokasi puncak seperti contoh di atas, rumah kamu akan terlihat berbeda dan memiliki tampilan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tetangga manapun. Jadi pemilihan atap miring seperti di atas sangat cocok untuk kamu terapkan.

3. Atap miring minimalis modern

Model rumah minimalis atap miring ke belakang modern

Dalam contoh ketiga ini, kamu pasti melihat konsep rumah yang tidak kalah menarik dari kedua konsep sebelumnya. Sangat wajar bila kamu menyukai desain tersebut saat pertama kali melihatnya, karna hal serupa juga yang kami rasakan saat mengetahui desain tersebut.

Dengan rumah yang hampir keseluruhan terbuat dari kayu, membuat model rumah minimalis atap miring ke belakang tersebut menjadi lebih elegan. Apalagi rumah yang kamu buat seperti ala ala cafe yang tidak kalah menarik, jadi kamu bisa mengadakan acara barbeque bersama anggota keluarga lainnya.

Atap miring terbuat dari kayu sangat cocok untuk kamu yang menerapkan konsep simple namun elegan, jangan lupa segera dicoba ya!

4. Atap miring dari plafon

Model rumah minimalis atap miring ke belakang dari plafon

Tidak ingin kalah menarik juga dari para pendahulunya, membuat atap miring dari konsep yang menerapkan hampir 100% rumah nya dari kaca pun sangat menarik, atap yang kamu gunakan bisa terbuat dari plafon dari plastik. Namun untuk outer nya bisa menggunakan bahan yang memang tahan panas dan hujan.

Namun, kamu tidak harus mengikuti konsep rumah nya secara utuh, karena tidak semua orang indonesia menyukai rumah yang hampir penuh dengan kaca. Cukup mengambil konsep dari model rumah minimalis atap miring ke belakang saja, sisa nya tergantung kamu untuk mengadaptasinya seperti apa.

5. Atap miring dari kaca

Model rumah minimalis atap miring ke belakang dari kaca

Ide terakhir untuk model rumah minimalis atap miring ke belakang adalah dengan menggunakan material dari kaca, dan atap nya pun bisa sampai ke bawah seperti contoh gambar di atas.

Namun, jika kamu merasa panas karna mendapatkan sinar matahari secara langsung, kamu bisa menambahkan beberapa bahan seperti alumunium foil ataupun menggunakan jaring paranet, sehingga suhu ruangan dalam rumah pun menjadi sangat adem.

Nah, dari beberapa referensi dan ide yang telah kami berikan, nomer berapa konsep yang ingin kamu gunakan pada rancangan rumah baru nya? Semoga artikel kami dapat membantu kamu ya dalam menemukan ide menarik. Tetap ikuti dan update terus artikel dari thishouseplay untuk mendapatkan ulasan terbaru lainnya, terimakasih.

Leave a Comment