5 Desain Pondasi Rumah Minimalis Beserta Tipsnya

Pondasi rumah minimalis sangat penting dibangun, tanpa objek tersebut suatu rumah tidak akan bisa berdiri tegak di tanah yang sudah kamu siapkan. Ibaratnya tubuh manusia, pondasi merupakan kaki dari manusia itu sendiri. Tanpa itu, manusia tidak akan bisa berjalan dan berdiri sempurna.

Singkatnya, tanpa pondasi, rumah juga tidak akan bisa berdiri secara kokoh meskipun desain rumah minimalis 3 kamar kamu telah dirancang dengan rapi namun dari struktur pondasinya masih sangat rapuh. Akibatnya bila terdapat satu berita tanah longsor dan terdapat salah satu rumah yang menjadi korban juga itu akibat dari pondasi kurang kokoh.

Dalam membangun pondasi, kamu harus memperhatikan banyak faktor sehingga bisa membuat rumah impian menjadi sangat nyaman untuk ditempati. Apalagi untuk kamu yang saat ini masih membina rumah tangga baru, jadi sangat cocok nih membaca artikel ini.

Tips membangun pondasi rumah minimalis

Seperti biasa, kami ingin sedikit membagikan pengalaman terkait cara membangun pondasi rumah minimalis agar kamu bisa memantau pekerjaan tukang dengan baik, dan tidak ada satu miss yang terlewatkan pada saat proses pembangunan rumah, untuk lebih lengkapnya bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Cek kondisi tanah bangunan rumah sebelum memulai membuat pondasi rumah minimalis.
  2. Jika kondisi tanah terlalu gembur, tambahkan dengan tanah urug agar struktur tanah bisa menjadi lebih padat.
  3. Beli semen dengan kualitas terbaik, dan usahakan perbandingan campuran semen jangan terlalu sedikit dengan pasir.
  4. Tambahkan bebatuan kerikil saat proses pengecoran dimulai, ini sangat bagus untuk menambah kuat struktur bangunan pondasi rumah minimalis.
  5. Jangan lupa, buatlah jari jari dari besi untuk menjadi patokan saat membuat pondasi.
  6. Terakhir, tambahkan mounting yang terbuat dari kayu. Tujuannya agar semen yang kamu curahkan tidak melumer ke tanah, sehingga pondasi yang kamu buat pun menjadi lebih rapih.

Dari ke enam tips tersebut merupakan cara awal dalam membangun pondasi rumah minimalis, tujuannya sih sederhana agar kondisi rumah kamu menjadi lebih kokoh dan secara tidak langsung pun kamu akan merasakan kenyamanan saat berada dan tinggal di rumah yang kamu renovasi atau bangun sendiri tersebut.

Selanjutnya kami akan memberikan sedikit rekomendasi desain dari pondasi rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi untuk membangun rumah. Mungkin di luar sana banyak rekomendasi, namun kami di thishouseplay melakukan filter dari banyaknya rekomendasi yang beredar di interner. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi pondasi rumah minimalis

1. Pondasi model menyilang

Pondasi rumah minimalis model menyilang

Pada pilihan pertama ini, kami memilih jenis pondasi rumah dengan bentuk menyilang seperti gambar di atas. Jika kamu pernah keliling di salah satu komplek perumahan yang sedang dibangun, pasti cukup sering melihat condoh pondasi rumah minimalis bangunan seperti di atas.

Pondasi tersebut dibuat karena pemilik rumah ingin membangun tembok, jadi secara tidak langsung bangunan dindin rumah kamu kokoh akibat pondasi yang dibuat menyilang seperti itu. Bila kamu ingin melihat tampak dari atas, mungkin bisa melihat denah rumah dari rancangan arsitek.

Pastinya dalam denah tersebut kamu akan melihat, seperti sekat sekat yang akan dibangun tembok. Dan sekat rumah minimalis modern tersebut bila kamu lihat pada kondisi real akan mengarah ke proses pembuatan pondasi rumah. Silahkan dicek untuk membuktikannya!

2. Pondasi dengan model tikar

Pondasi rumah minimalis model tikar

Selanjutnya pada rekomendasi kedua kami ingin memperlihatkan jenis pondasi model tikar. Biasanya desain pondasi seperti gambar di atas banyak kamu temukan pada saat pembangunan gedung lantai bertingkat, dan pondasi tersebut dibuat untuk lantai disetiap gedung bertingkat.

Jangan dibandingkan kenapa kok pondasi yang dibuat menutupi seluruh area? Karena kita berbicara gedung bertingkat dan pastinya menghasilkan bangunan tinggi, dari bangunan tersebut kamu tidak bisa melihat namnya struktur tanah untuk berpijak, jadinya dibutuhkan full pondasi untuk tumpuannya.

Untuk pondasi dengan gedung bertingkat atau bangunan bertingkat, kamu juga bisa menggunakan plat besi bordes. Namun untuk ketahanan besi tersebut masih belum kita ketahui bila diterapkan untuk struktur bangunan gedung bertingkat.

Kekurangan dari jenis pondasi tersebut adalah, kamu harus mau mengeluarkan cukup banyak uang untuk membeli semen cor, karena kebutuhan cor semen untuk pondasi tikar tersebut tidaklah sedikit.

3. Pondasi model strauss pile

Pondasi rumah minimalis model strauss pile

Pondasi dengan model strauss pile tersebut dapat kamu terapkan untuk struktur tanah yang sudah kuat ya, atau bisa jadi digunkan sebagai tambahan pondasi dari yang sudah ada. Jika kamu bingung kenapa kok model strauss pile ini sangat kecil pondasinya?

Jawabannya karena model ini memang diperuntukkan untuk bangunan yang sudah memiliki struktur tanah kuat. Dan kamu sebagai pemilik rumah bisa berhemat banyak dengan mengaplikasikan pondasi tersebut, pasalnya semen cor yang dipakai pun tidak banyak terbuang.

4. Pondasi rumah model sepatu

Pondasi rumah minimalis model sepatu

Untuk tipe ini pastinya kamu sudah tahu bukan kegunaannya? Ya, betul sekali! Pondasi model sepatu ini sangat cocok digunakan sebagai struktur kekuatan dari membuat tiang rumah, jika kamu berpikir kenapa dibutuhkan pondasi untuk membaut tiang saja? Jawabannya adalah agar tiang tersebut kokoh.

Tiang merupakah kepanjangan dari pondasi rumah, bila pondasi rumah saja sangat lembek bagaiamana caranya tiang yang dibangun bisa menjadi lebih kuat? Oleh sebab itu kamu harus mau mengeluarkan semen cor lebih banyak untuk membangun pondasi jenis ini.

Pondasi rumah minimalis memang memiliki beragam macam, namun sebagai pemula dalam membangun rumah kamu jangan sampai melewatkan dalam membuat tiang rumah ya!

5. Pondasi rumah model bore pile

Pondasi rumah minimalis model bore pile

Pada rekomendsai terakhir, kami memberikan pondasi rumah minimalis tipe bore pile. Jika kamu pernah melihat suatu aktivitas alat berat yang seperti memasukkan bangunan beton ke dalam tanah, jenis bore pile ini adalah salah satunya. Tujuannya adalah untuk memperkuat struktur yang ada di dalam tanah.

Pondasi ini sangat cocok kamu terapkan di satu lahan atau tempat yang memang memiliki struktur tanah lembek, sehingga dibutuhkan penguat tambahan dari dalam mensukkan pondasi bore pile ke dalam tanah. Jadi sangat cocok sekali untuk melawan beban lateral pada tanah.

Namun minusnya kamu harus mau mengeluarkan biaya lebih untuk membangun pondasi ini, karena setelah membangun pondasi bore pile setidaknya kamu harus membangun pondasi model tikar agar struktur yang dibuat pun semakin kuat. Ini merupakan resiko jika membangun rumah di tanah yang lembek, namun menjadi tantangan tersendiri juga bila berhasil membangun bangunan di tanah tersebut.

Nah, dari tips yang kami berikan hingga 5 contoh rekomendasi pondasi rumah minimalis. Struktur bangunan pondasi mana nih yang akan kamu pilih? Semoga pilihan pondasi rumah kamu dapat menghasilkan output yang bagus ya, dan apa yang kami rekomendasikan pada artikel ini dapat membantu juga dalam mencari desain pondasi rumah minimalis, terimakasih.

Leave a Comment