4 Faktor Penting Ukuran Standar Tangga Rumah Minimalis Beserta Komponen Penyusun Tangga

Tangga rumah menjadi objek penting sebagai akses menuju lantai dua, namun ukuran standar tangga rumah minimalis juga perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam men desain perencanaan rumah dengan baik. Agar jatuhnya rumah Anda memiliki tampilan menarik dan berbeda dari orang lain.

Harus kalian ketahui, bahwa tangga memiliki standar ukuran nya sendiri loh. Jangan sampai kalian telah merancang dengan baik, namun tidak mencapai sesuai standar yang diharapkan. Sama hal nya dalam menerapkan posisi tangga rumah minimalis lantai 2 yang menurut kami sederhana pun, ternyata ada perencanaan nya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan sedikit ulasan terkait ukuran standar tangga rumah minimalis. Meskipun rumah Anda sangat sederhana dan ruangannya sangat berdempetan, tidak perlu khawatir untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu agar semua proses pembangunan berjalan lancar.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan inti, kami juga ingin memberikan paparan terkait komponen apa saja sih yang ada di tangga, sehingga Anda dapat mengetahui cara menentukan ukuran tangga yang ingin dibangun. Pada dasarnya, detail tangga ini umum dan mungkin Anda sudah mengetahuinya, untuk lebih jelasnya bisa simak ulasan di bawah ini.

Komponan yang Terdapat di Tangga Rumah

ukuran standar tangga rumah minimalis

Dari komponen di atas, seharunya kita sudah bisa menentukan ukuran standar tangga rumah minimalis impian Anda, dan penjelasan terkait komponen di atas bisa disimak di bawah ini.

  1. Newel, merupakan komponen tangga yang menjadi pemisah antara baluster tiap tangga, biasanya komponen ini terbuat lebih besar sedikit. Menunjukkan persimpangan dari setiap baluester tangga.
  2. Half newel, sama seperti penjelasan di atas sebelumnya. Untuk yang satu ini menunjukkan titik end point dari pembuatan tangga, maka dijelaskan sebagai hal newel.
  3. Baluster, merupakan tiang vertikal yang berada di antara handrail dan shoerail yang berfungsi untuk mengamankan orang yang lewat, jika terpeleset kesamping masih ada penahan nya.
  4. Handrail, merupakan pegangan tangan yang berada di setiap tangga. Tujuannya untuk pengaman bagi mereka yang tidak kuat menahan berat badan nya pada saat menaiki anak tangga.
  5. Tread, merupakan pijakan anak tangga yang hukumnya wajib untuk dibuat. Nah, hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tangga adalah ukuran dari tread jangan terlalu kecil atau terlalu panjang. Sesuiakan dengan ukuran kaki manusia normal pada umumnya.
  6. Rise, merupakan tinggi dari anak tangga yang ingin dibangun, ini juga menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan untuk ukuran standar tangga rumah minimalis.
  7. Stringer, merupakan mounting atau pondasi yang digunakan untuk penguat dari tangga yang akan digunakan.

Nah, dari penjelasan di atas kalian harus bisa menentukan setidaknya dari tread dan rise terlebih dahulu berapa panjang ukuran nya, karena kedua komponen tersebut cukup penting dalam membangun tangga.

Untuk komponen lain mungkin bisa mengikuti seiring berjalan nya waktu saja, karena ada beberapa aspek juga yang perlu diperhatikan seperti pembahasan intinya, yaitu ukuran standar tangga rumah minimalis, untuk pemahaman lebih lanjut, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Menentukan Ukuran Standar Tangga Rumah Minimalis

1. Menentukan Lebar Anak Tangga

ukuran standar tangga rumah minimalis - lebar tangga

Hal paling mendasar dalam menentukan ukuran standar tangga rumah minimalis adalah dari penentuan lebar dari sebuah anak tangga, kita tidak hanya menentukan lebar, namun bisa juga luas dari anak tangga.

Dalam bangunan tangga, menentukan ukuran anak tangga berdasarkan volume dari orang yang akan melewati di tangganya tersebut, detailnya sebagai berikut.

  • Jika tangga hanya ingin dilewati oleh satu orang saja, maka lebar tangga dengan ukuran 60 cm mungkin sudah cukup untuk dilalui oleh penghuni rumah dengan ukuran badan lebar normal, tidak terlalu over weight.
  • Jika pemilik rumah ingin merancang tangga yang bisa dilalui dua orang sekaligus secara berpapasan, maka diperlukan untuk memperlebarnya menjadi 120 cm.
  • Namun, jika pemilik rumah ingin membuat tangga yang dapat dilalui orang banyak sekaligus mengingat rumah nya memang besar, cukup membuat ukuran tangga selebar 180 sampai 200 cm saja.

Penentuan lebar anak tangga juga tergantung dari kondisi real rumah Anda ya, jika hanya memiliki ruang kosong selebar 40 cm sekalipun, itu masih bisa untuk membuat tangga, asal ukuran seluruh orang rumah dapat melaluinya.

2. Menentukan Ukuran Tinggi Anak Tangga

ukuran standar tangga rumah minimalis - tinggi tangga

Faktor penentu lainnya yang harus Anda perhatikan adalah ukuran tinggi dari setiap anak tangga yang dibuat, karena jika terlalu tinggi akan membuat orang takut juga saat ingin menaiki atau menuruni anak tangga.

Ukuran standar tangga rumah minimalis pada bagian tinggi anak tangga cukup 15 cm saja, atau paling mentok sekitar 20 cm. Jika lebih dari itu, kami khawatir dari tingkat ergonomis pemakaian tangga menjadi lebih ribet dan menjadi menyeramkan.

Namun itu semua kembali kepada Anda, jika anggota rumah Anda memiliki postur tubuh yang jangkung dan tinggi tinggi semua, maka bisa disesuaikan lagi.

3. Menentukan Panjang Anak Tangga

ukuran standar tangga rumah minimalis - panjang anak tangga

Faktor penentu kenyamanan dari sebuah tangga juga berasal dari panjang anak tangga yang ditentukan. Balik lagi pada poin 1 dan 2, ukuran panjang anak tangga juga sebaiknya jangan terlalu pendek.

Sesuiakan saja dengan panjang kaki anggota rumah yang paling besar, jika Anda mengenakan ukuran sepatu 43, maka panjang ideal dari anak tangga sekitar 27 cm saja. Coba bayangkan dalam pijakan anak tangga yang ukuran nya lebih kecil dari kaki Anda.

Tentunya saat hendak menaiki anak tangga tersebut akan ada perasaan was was bukan, oleh sebab itu sebaiknya ditentukan dari ukuran kaki terbesar di dalam rumah tersebut.

4. Menentukan Tinggi Handrail Tangga Rumah

ukuran standar tangga rumah minimalis - handrail tangga

Komponen terakhir dalam menentukan ukuran standar tangga rumah minimalis berada di handrail, hal tersebut juga demi mendapatkan kenyamanan dalam melewati anak tangga yang telah disediakan.

Namun, tahukah Anda jika tinggi dari handrail juga ada standar nya? Jadi jangan asal buat aja ya. Tetapi jika Anda ingin membuat railing tangga yang ukuran nya menutupi seluruh ruangan itu juga sah sah saja.

Untuk menentukan tinggi handrail, sebaiknya ditentukan dari setengah tinggi badan Anda kira kira. Contohnya, jika Anda memiliki tinggi sekitar 170 cm. Maka tinggi dari handrail idealnya sekitar 85 cm saja, atau paling mentok ukuran handrail sampai 100 cm.

Jika terlalu tinggi maka Anda pun tidak mendapatkan tingkat ergonomis yang baik juga, jadi semuanya perlu diperhatikan ya.

Itulah ulasan detail terkait ukuran standar tangga rumah minimalis yang dapat kami berikan, tidak hanya ukuran tangga saja, di sini Anda juga dapat mengetahui komponen penyusun dari anak tangga itu apa saja.

Semoga dapat membantu Anda dalam mencari referensi pembangunan rumah ya, kami sangat senang jika setiap artikel yang telah dirilis bisa membantu pembaca setia thishouseplay dalam menemukan solusi, terimakasih!

Leave a Comment