4 Cara Menentukan Ukuran Tangga Rumah Minimalis Yang Benar dan Tepat

Thishouseplay.com – Salah satu bangunan pelengkap hunian ialah adanya sebuah tangga. Untuk menentukan ukuran tangga rumah minimalis ini, Anda perlu mengetahui cara serta jenis tangga yang akan dibuat. Meski sepele, ukuran yang tidak pas, akan membuat hasil akhirnya kurang menarik.

Karena bagaimana juga rumah yang bertingkat merupakan impian dari banyak orang. Kalau Anda bisa sampai mendapatkan rumah yang bertingkat, sudah pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri. Ukuran tangga rumah minimalis juga bisa jadi referensi yang tepat bila Anda memiliki keluarga yang kecil.

Sebelumnya, jika Anda bingung mengenai contoh desain pagar tangga rumah minimalis juga tersedia dalam artikel kami beberapa hari silam. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa mengetahui daftar harga material yang bisa digunakan untuk membangun tangga rumah secara minimalis.

Tips Membangun Tangga Rumah Minimalis

Selain menentukan ukuran, kami akan memberikan sedikit tips juga bagaimana cara membangun tangga rumah minimalis agar tidak terlalu kelebihan budget. Dapat dibayangkan bukan berapa dana yang bisa kalian hemat jika bisa menghemat dari satu sisi bahan bangunan saja.

Ukuran tangga rumah minimalis
  1. Tentukan bahan bangunan tangga yang ingin kalian buat, kalau bisa gunakan bahan yang umum dicari agar harga nya pun bisa lebih murah. Karena Anda bisa melakukan negosiasi antar toko sebagai pembanding jika terdapat harga yang lebih mahal.
  2. Mencari tukang atau vendor pembuat tangga terpercaya, jangan sampai menyerahkan urusan bangunan tangga rumah atau pun kegiatan renovasi rumah kepada orang yang tidak kita percayai, bisa saja mereka melakukan penggelapan bahan baku atau pun sebaliknya.
  3. Lakukan pengawasan terhadap pekerjaan tukang, agar kalian bisa memantau langsung apa yang sedang mereka kerjakan. Pastikan seluruh kerjaan tepat pada waktunya.
  4. Carilah tukang yang mau dibayar dengan sistem borongan, jangan mau bila tukang menawarkan sistem harian. Karena sangat rentan sekali memperlambat pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan selama 3 hari, bahkan bisa molor selama 1 minggu.
  5. Lakukan pembelian barang sendiri jika Anda kurang percaya kepada tukang yang sudah ditunjuk, tujuannya untuk menghindari nota palsu.
  6. Melakukan audit dari setiap pemasukan dan pengeluaran uang serta barang, langkah ini sangat penting dilakukan agar Anda mengerti pergerakan uang selama proses pembangunan itu larinya ke mana. Jangan sampai sebagai pemilik rumah Anda cuek terhadap hal sepele seperti ini, bisa jadi dikemudian hari Anda akan meremehkan pekerjaan lainnya.

Dari beberapa tips di atas, pastinya ada saja yang Anda lewatkan dan baru menyadarinya sebagai tips untuk menghemat dalam pembangunan tangga. Tujuan kami pun sebagai pemberi informasi agar Anda juga bisa menyadari plus minus dari pembuatan tangga rumah sendiri.

Namun contoh dari poin di atas merupakan hal umum yang akan kalian temukan dan akan kalian lakukan jika sedang melakukan kegiatan renovasi rumah, baik itu tangga, membuat bangunan tingkat, dan lain sebagainya. Aware terhadap budget sendiri itu sangat penting, karena siapa lagi yang bisa melakukannya jika bukan diri sendiri.

Penasaran dengan ulasan menariknya? Yuk simak informasi dibawah ini dengan seksama. Karena kami sudah merangkum beberapa referensi ukuran tangga untuk rumah Anda yang minimalis.

Cara Menentukan Ukuran Tangga Rumah Minimalis Agar Hasilnya Manis

Layaknya ilmu pasti, ukuran tangga ini juga wajib diberikan secara tepat. Geser beberapa sentimeter saja, akan mempengaruhi hasil yang Anda peroleh. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan perhitungan yang tepat, agar tidak menjadi penyesalan nantinya.

Dalam membangun bangunan rumah, atau hendak merenovasi rumah, usahakan jangan ada penyesalan di akhir karena akan menyebabkan kesalahan fatal. Uang sudah banyak kalian gelontorkan untuk mencari ukuran tangga rumah minimalis yang sesuai, namun setelah diukur pada kondisi real, ternyata ukuran tersebut tidak cocok dengan kondisi rumah Anda.

Agar Anda pun tidak mengalami kebingungan dan merasakan penyesalan selama proses pembangunan tangga, berikut ini beberapa tips dan trik menarik terkait ukuran tangga yang bisa Anda ketahui, siapa tahu juga bisa diterapkan oleh Anda secara langsung.

Ukuran tangga rumah minimalis

1. Menentukan Ukuran Anak Tangga

Idealnya tinggi anak tangga mempunyai basis ukuran antara 15 hingga 19 sentimeter. Ukuran ini dinilai memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Sebab, jangkauan kaki baik orang dewasa atau anak-anak dirasa pas.

Setelah menentukan tinggi, Anda bisa menghitung lebar anak tangga. Umumnya, biasa disebut dengan aantrade. Dalam hal ini sebaiknya, diserasikan dengan ukuran panjang kaki masing-masing anggota rumah. Untuk ukuran idealnya sekitar 27sentimeter. Namun, ada pula yang memilih ukuran antara 29 sampai 33 sentimeter.

2. Tentukan Luas Bordes Tangga Rumah

Bordes ini merupakan jeda atau lokasi temoat berdiam. Namun, penggunaannya juga bisa dikatakan secara opsional. Sebab, tak semua tangga rumah memiliki Bordes ini.

Bordes ini kerap dibuat untuk gedung perkantoran maupun fasilitas publik. Umumnya, desain yang terlihat seperti berkelompok maupun lurus. Ukurannya juga lebih lebar ketimbang anak tangga itu sendiri.

Panjang bordes untuk ukuran tangga rumah minimalis, yang direkomendasikan ialah antara 80 sentimeter sampai 120 sentimeter. Atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Penempatannyapun bisa diatur seperti, pada anak tangga ke-12 jika total anak tangganya 24. Atau bisa ke hitungan 10, jika total anak tangganya 20.

3. Tentukan Lebar & Luas Tangga

Menentukan lebar juga luas tangga ini sebetulnya juga opsional. Anda bisa mempertimbangkan dari segi kenyamanan anggota keluarga. Anda bisa menghitungnya, dari perkiraan saat Anda berjalan bersamaan dengan anggota keluarga lainnya.

Selain itu, pikirkan pula ukuran perabot yang nantinya bakal Anda usung ke lantai berikutnya. Misalnya, untuk ukuran tangga yang kecil dan dilalui satu orang. Anda bisa membuatnya dengan ukuran minimal 80 sentimeter. Jika ingin dapat dilalui dengan dua orang sekaligus, buat sekitar 120sentimeter. Atau mau yang lebih lebar, tinggal tambahkan 60 sentimeter lagi. Sehingga total 180 sentimeter.

4. Menentukan Letak Ruangan Untuk Tangga

Sebagai tips terakhir, dan ini menjadi urgensitas bagi Anda yang ingin membangun tangga rumah minimalis. Sekiranya menentukan lokasi letak ruangan mana yang ingin kalian bangun jika akan melakukan renovasi rumah, pikirkan plus minus penempatan lokasi juga, jangan sampai ego kalian yang bermain di sini.

Jika bisa meletakkan lokasi pembangunan tangga yang lebih ergonomis dengan tidak merubah banyak struktur bangunan rumah, tentunya hal tersebut juga bisa menghemat Anda dari segi budgeting bukan, oleh karena itu poin terakhir ini jangan sampai kalian tinggalkan.

Kiranya demikian beberapa informasi terkait penghitungan ukuran untuk tangga hunian. Intinya Anda bisa menyesuaikannnya sesuai dengan kebutuhan. Tak lucu bukan, jika Anda membuat tangga yang kecil. Padahal rumah Anda memiliki ukuran yang lumayan.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi untuk menentukan Ukuran tangga rumah minimalis ini? Jika semua dihitung secara cermat, maka hasilnya pasti akan manis dan menarik.

Leave a Comment